To Bath or not To Bath

Yak, ini blog sempet terlantar juga kan..biar kate kaga ada yang baca, kaga enak juga ye klo kaga ada yang baru. ahahahhaha.

So, minggu ini bener-bener minggu-minggu hectic buat gue, since my team-partner dapet liputan ke luar negri dan gue jadi harus stay di kantor, bikin stock tulisan sekaligus liputan sekali-kali, ditambha menjelang akhir tahun banyak acara-acara liburan, so it’s pretty much exhausting.

Anywaaaay, gue baru aja balik dari Bandung, liputan opening hotel. Ini udah kali kedua gue liputan ke Bandung, dan dua-duanya itu….ngebosenin.

Liputan opening hotel itu like this: dateng konferensi pers, tidur, pulang. that’s it. No walking around the city or else. waktu kali pertama gue liputan ke Bandung sih gue sempet jalan-jalan kulineran sendiri ya, tapiiiiii waktu itu gue lagi ada duit. Nah kemaren, gue ke Bandung pas lagi bokek-bokeknya, jadi aja kaga bisa kemana-mana. *lagi-lagi duit yee yg jadi halangan, ahahhahaha

So, kemaren itu opening budget hotel. Jadi you know, the kind of hotel yang ekonomis, minimalis. hotelnya enak sih, quite good, but I dont know why I dont feel comfortable at all. Badan gue tuh berasa gak nyaman tidur di tempat tidurnya, padahal kasurnya cukup tebel. Dan oh, hotel ini model kamar mandinya shower pod gitu, jadi semacem ada kapsul yang isinya kloset+shower di dalam kamar, dan bikin kamar ini jadi gak keliatan sempit meskipun kecil. Showernya ini air panas/dingin, dan katanya water heater shower ini pake tenaga dari AC yang ada di kamar, jadi lebih ramah lingkungan. But you know whaaaat, itu shower aernya kecil banget klo aer panas! mending panas, anget-anget kuku juga kaga daaah..pokonya gak nyaman banget buat mandi, mau pake air dingin, tau sendiri kan bandung udaranya udah dingin yang ade klo mandi aer dingin gue kena hipoter lagi.

Bener-bener dah, itu pengalaman mandi paling kaga enak selama gue jalan-jalan.

Eh tapi, beberapa waktu lalu waktu liputan ke Jambi, gue juga sempet ngalamin hal yang sama.

Jadi hotel tempat gue nginep di Jambi emang anehnya bukan hotel yang “oke”. Some kind of hotel-hotel di atas kelas melati gitu lah. At first that was not really a problem to me, am no spoiled girl, yo! yang penting bisa buat tidur dah.

Gue sekamar berdua, sama temen wartawan dari media lain. Masuk kamar, gue beresin barang, doi bilang mau mandi duluan. yo wiss.

Gak berapa lama, tiba-tiba temen gue ini keluar. dia bilang, “mut, aer kamar mandinya kuning banget! gue langsung gatel-gatel pas mandi!” Gue kira dia lebay ya, gara-gara lyat kuning mungkin jadi sugesti kalo itu airnya kotor. Tapi pas gue coba..beneran dong. asliiii aernya bikin gatel-gatel!

Kita bedua bingung dong ya, gimana nih? masa mau kaga mandi sampe balik lagi ke Jakarta? akhirnya, solusinya…kita mandi di wastafel. Yes, you read it right, wastafel. Jadi aernya ditampung pake gayung, trus siram. begitu terus. Mandi aje sampe satu jam kali. Pokonya rempong banget daaah.

Jadi emang karena Jambi itu wilayahnya sebagian besar rawa-rawa reklamasi, makanya airnya kuning gitu. di hotel-hotel besar sih udah pake purifier, jadi jernih. Nah tapi emang lagi gak beruntung aja gue dapet hotel yang rada-rada begitu, ahahahaha.

Anyway, menurut gue hotel yang bagus itu dinilai dari kamar mandinya, bagus apa nggak. Oh, dan kamar mandinya punya aura ‘horror’ apa nggak (ya kalo ini sih, preference gue sendiri ye ahahahhaha)

Hotel bagus itu, yang kamar mandinya sesuai dengan ‘level’ hotelnya. Waktu itu gue pernah nginep di Sultan Hotel Jakarta (dibayarin karena ada acara, kalo bayar sendiri mah kaga sanggup gua), dan anehnya ini hotel, bintang lima, tapi kamar mandinya bintang dua. Aernya kecil, and in some of strangeway, its not comfortable.

Kamar mandi paling bagus itu, aduh gue lupa banget nama hotelnya soalnya gue masih kecil, pokonya gue inget ini hotel di Kota Malaka, Malaysia. Kamar mandinya itu lantainya lantai batu-batu, dindingnya batu, dan sebagian kamar mandinya itu open air. So it’s like having a bath in outdoor. Bener-bener oke banget. (dan begonya gue lupa itu hotel apa).

Buat gue, satu lagi yang penting selain kamar mandi bersih: klo bisa kamar mandi hotel jangan kebanyakan kacanya. Yaaaa karena parno gue ini udah tingkat dewa, kalo banyak kaca atau kaca-kaca gede itu berasanya ada yang ngelyatin gitu. Belum lagi kalo abis mandi aer panas kan, kacanya jadi beruap-uap gitu. gimana kalo pas gue lagi elap-elapin uapnya, tiba-tiba ada yang nongol? hiiiiiii…

(Yeah it’s just my weird weird behaviour. mind that πŸ˜€ )

By the way, here’s some of the tips yang berkaitan dengan kamar mandi yang mungkin berguna kalo-kalo nginep di hotel:

1. Sebelum unpack bagasi dan lain-lain di kamar hotel, biasain cek dulu semua fasilitas kamar, terutama bathroom. cek, showernya idup gak, aer panasnya nyala gak, aernya kecil gak. Cek juga toilet, di flush, ngeluarin bau-bauan aneh apa nggak. Jadi kan klo ternyata kamar mandinya gak beres, kaga usah repot-repot packing lagi buat pindah kamar.

2. Jangan bergantung ke toiletries hotel. Kadang kita gak pengen repot ya (apalagi gua) jadi males bawa-bawa shampoo, sabun, dan macem-macemnya dari rumah, karena yakin di hotel juga pasti ada. Emang sih, tapi kadang shampo hotel kan gak sesuai sama jenis rambut kita, pengalaman gue sih shampo hotel itu bikin rambut kering. Jadi, kaga ngapa dah repot-repot dikit bawa shampo-sabun dll dari rumah..

Udah..segitu aja tipsnya. ahahhahahahahahaa kaga pinter banget kan gue bikin tips-tips, but I hope it would be useful :p

To end this post, ini beberapa hotel bathroom yang paling oke, dan pengeeen bgt gue datengin, someday. Amiiiin!

GΓ΄ra Kadan, Hakone, Japan

Kamar mandi hotel di Jepang ini asik banget! open air, dan aernya dari sumber air panas alami.

Six Senses Hideaway Zighy Bay, Oman

Hotel di Oman ini juga seru, half outdoor half indoor, dengan pemandangan langsung ke Tanjung Oman dan pantainya yang bersiiih banget

Jade Mountain, St. Lucia

Ini nihhh salah satu yang paling oke. hotel Jade Mountain ini terletak di kepulauan Karibia, dan kamar mandinya itu viewnya langsung ke gunung phyton, dan juga ke laut biru karibia yang tenang. bliss!

Atlantis The Palm, Dubai

I’m a big fan of aquarium, dan hotel atlantis yang viewnya sebagian besar aquarium ini bener-bener my kind of dream hotel. Kamar mandi hotel ini juga luar biasa, bisa ngelyat ikan-ikan sambil berendem :3

Ubud Hanging Garden, Bali

Ini sebenernya bukan bathroom, tapi hotel di Ubud ini masing-masing kamarnya punya pool sendiri, kaya gambar di atas. dan kolam renang ini, viewnya langsung ngadep ke hutan-hutan di perbukitan Ubud yang hijau. seger banget kayanya, pagi-pagi mandi di tempat gini. My ideal hotel for honeymoon, anyway πŸ˜‰

What’s your favorite? πŸ˜€

One thought on “To Bath or not To Bath

Leave a Reply

