Suasana Jogjaaa~

Yak, seperti yang gue bilang di beberapa pos sebelum ini..beberapa waktu yang lalu gue sempet ke Yogyakarta. Ini bener-bener liburan yang gak gue planning sama sekali, dan cukup mendadak juga. gue mutusin ikut sekitar sehari sebelum keberangkatan.

Gue belum pernah ke Jogja. makanya gue excited banget waktu kesini. Gue ngebayangin Jogja itu keliatan kaya di FTV-FTV gitu loh..sebuah kota kecil yang antik, where everybody knows everybody..trus makanannya yang terkenal murah dan sedep.

So, berangkatlah gue. gue berangkat pake flight malem, dan sampe di Jogja semalem lebih cepet dari temen-temen gue. Tadinya, gue tuh sampe jogja pengen jalan-jalan duluanΒ  ya malem-malem.. strolling around Malioboro, Keraton..tapi nyampe Jogja badan gue pegel-pegel banget ahahhahaha jadi aja gue tidur doang..

Paginya, begitu temen-temen gue nyampe, kita langsung berangkat ke Istana Tamansari. Taman Sari ini sebenernya Sultan’s Summer House, jadi semacem villa tempat dia istirahat atau liburan. Taman sari juga disebut Istana Air.

Waktu masuk ke tamansari ini kita dipandu sama guide namanya Pak Winaryo. Si Bapak ini lucu ya, semangat banget kalo mau motoin kita-kita, tapi dia juga detail banget jelasin seluk beluk dan sejarahnya taman sari ini. Dia nyeritain, dulu Sultan kesini sama permaisuri dan selir-selirnya. Pake dijelasin segala, itu sultannya ngapain aja klo di sini..hahahahahhahaha. Tapi pemandunya bener-bener baik sih orangnya, dan juga sangat informatif. Dan gue amazed banget sama istana taman sari ini, serius, keren banget! kok bisa ya Sultan kebayang mau bikin istana macam gini, yang ada pemandiannya macem-macem.

Pokonya puas banget jalan-jalan ke Istana Tamansari ini. Meskipun udaranya puanaaaasss bgt ya, but it’s worthed. Biaya masuk kesini juga murah, cuma Rp 3.000 aja seorang. Oh sama bayar guidenya, itu sebenernya bayar sukarela ajaΒ  πŸ˜€

Istana Tamansari

Abis dari Taman sari, kita ke Candi Prambanan. Gue juga excited banget kesini, apalagi gue tuh sering banget ngelyat foto-foto prambanan kalo malem. Stunning! Tapi sayangnya gue ke Prambanan ini siang-siang sih.

Dari pusat kota Jogja ke prambanan itu lumayan jauh, sekitar 45 menit lah. Apa gara-gara waktu itu kita gak tahu jalan yaa…jadi berasanya lama. Anyway, Prambanan ini terletak 20 kilometer sebelah timur Yogyakarta.

Harga tiket masuk Prambanan menurut gue, agak mahal ya, Rp 30.000/orang. Apalagi sayangnya, Candi Rara Jonggrang lagi dalam masa renovasi dan pembersihan, jadi gak bisa diliyat. yaaahh..sayang banget. padahal katanya, kalo lo megang patung Rara Jonggrang, itu bisa awet muda.

Anywaaay..seperti biasa panasnya Jogja masih membayangi kita di Prambanan. Silau-silau gimana gitu. Tapi gue akui, candi ini emang stunning banget! tinggi-tinggi, beda sama candi yang di Jambi. Padahal waktu lihat candi yang di Jambi aja gue udah amazed banget, apalagi yang disini..mantep dah.

Kalo ke Candi Prambanan, siapin tenaga ekstra, sama bawa minum. Karena selain panas, jalan dari pintu masuk ke candinya juga lumayan jauh jalannya. Di depan pintu masuk banyak penyewaan payung buat menghalau panas, murah kok sekitar Rp 5.000/ payung. Di arah pintu keluar Candi Prambanan ini juga ada pasar-pasar tradisional yang jual baju-baju khas Jogja.

Candi Prambanan

Abis dari Prambanan ini kita move on ke Pantai Parangtritis, mau ngelyat sunset. Sayangnya…jarak prambanan dan parangtritis itu cukup jauuh. sekitar satu setengah jam perjalanan deh. Jadi waktu kita sampe sana, itu mataharinya udah gak keliatan…

Tapi pantai Parangtritis juga cukup oke! pasirnya warna item, dan ada tebing-tebing gitu juga. Ombak di pantai ini cukup deras dan tinggi, jadi kayanya agak bahaya kalo mau berenang. Gue tuh penasaran banget sebenernya pengen ngelyat Gumuk Pasir, gak jauh dari Parangtritis. Gumuk Pasir itu satu-satunya fenomena alam gurun yang ada di Indonesia. tapi, karena waktu udah malam, jadi kita cuma sebentar aja disini..

Sunset Parangtritis

Malmnya..ini yang gue tunggu-tunggu. Dinner time! Gue kira kita bakal makan di daerah Malioboro, ternyata di Bebek Slamet. Gak tau gue laper atau gimana ya, tapi itu bebeknya enaaaaakkk banget! serius deh, bebek paling enak yang pernah gue rasain. Harganya juga gak mahal,nasi bebek+es teh manis itu cuma Rp.18000 πŸ˜€

Menjelang midnight, gue sama temen-temen gue ke daerah Malioboro, tpai lebih deket ke Stasiun Tugu (CMIIW). Kita pengen nyoba lesehan, yang terkenal dengan minuman khasnya, Kopi Joss. Jadi Kopi Joss ini kopi yang dikasih areng panas gitu. Dan rasanya..enak! I’m not a big fan of Black Coffee ya, tapi ini bener-bener sedep! Apagi cemilan-cemilan di lesehan juga murah-murah, kayak sate-satean gitu cuma Rp 500-Rp 1000 aja per tusuk! Bener-bener deh..that night I’m falling in love with Jogja! Apalagi ditambah pas kita makan, ada pengamen gitu yang nyanyi-nyanyi sambil nikmatin malam di Jogja….bliss!

Hari kedua di Jogja, tempat pemberhentian pertama di Pasar Beringharjo. Pasar ini emang murah ya..tapi ruameeeee banget! gile bener-bener deh. dan lu harus kuat-kuatan nawar disini, kalo gak, rugi! Disini gue gak begitu menikmati ya, just bought beberapa batik buat temen-temen dan nyokap, sama sendal aja buat sepupu gue. murah sih..tapi ramenya itu gak tahan.

Abis dari beringharjo, kita ke Museum Ullen Sentalu. Kata sepupu gue, ini museum keren banget! makanya gue penasaran. museum kan identik sama ‘old’, ‘boring’, ‘antik’ ya.

Museum Ullen Sentalu ini letaknya di Kaliurang, berlatar belakang Gunung Merapi. Kalo kesini dari pusat kota Jogja, sekitar 1 jam perjalanan.

Dan sampe disini, ternyata bener..museumnya keren banget! Nih ya, jadi pas kita masuk itu disuruh tunggu bentar, karena pake guide. Guide kita seorang mbak-mbak energik, namanya Mbak Fafa. Mbak Fafa dengan semangat ngejelasin ke kita seluk beluk isi dan koleksi serta sejarah Museum Ullen Sentalu ini.

Jadi, museum sentalu ini punya keluarga Haryono, yang dibangun untuk memperlihatkan kepada masyarakat mengenai kehidupan dan budaya putra-putri keraton solo dan Jogja. selama ini kan yang sering diekspos di publik cuma cerita si sultan aja tuh..nah kalo ini anak-anaknya.

Wah, gue gak bisa jelasin satu-satu deh apa aja yang ada di Museum ini. Banyak banget dan keren-keren! mulai dari lukisan-lukisan, yang nyeritain kehidupan putri keraton, tentang arti bajunya dia, tentang simbol dia kalo duduk itu artinya apa..anything! wah pokonya, kalo ke Jogja itu lu mesti banget ke Ullen Sentalu. Ohiya, lo bisa baca tulisan gue tentang ullen sentalu disini πŸ˜€

Sayangnya, di dalam museum ini gak boleh foto-foto…tapi ada kok area buat foto-foto di luarnya, yang gak kalah keren πŸ˜€

Salah Satu Pintu Masuk Cafe Ullen Sentalu

Tiket masuk museum ini Rp 25.000/orang, udah termasuk harga guide sama minuman. Jadi di dalem kita dikasih minuman tradisional, katanya sih bisa bikin awet muda, ahhahahaha

From all, Ullen Sentalu itu the best tourist attraction I had in Yogyakarta.

Malem terakhir di Jogja, kita makan di lesehan deket hotel. Lesehan ini kayanya yang punya mahasiswa, ngejual macem indomi, roti bakar, kopi, dan lain-lain. Gue disini nyoba kopi godok, yang rasanya juga gak kalah enak sama kopi Joss. Sedep! gue pesen Indomi telor kornet keju juga yaallah enak banget! dan juga cukup murah. Pokonya di Jogja makan terus deh, gara-gara serba muraaah! ahhahaha

FYI, ke Jogja itu murah kok. nih ya gue jabarin..penginapan itu cuma Rp 130.000/ kamar. itu udah ada AC, kamar mandi, TV, dan dua tempat tidur. Terus sewa mobilnya Rp 250.000/hari. Gue tuh kemaren ke Jogja, sebenernya cuma ngabisin Rp 500.000 doang, untuk penginapan, mobil, tiket masuk tempat wisata dan makan. Tapi ada tambahan Rp 400.000, buat oleh-oleh di Beringharjo gara-gara gak pinter nawar T-T

But Jogja is awesome! Dengan makanannya yang enak dan murah, gue pengen banget balik kesini lagi. Yang gue sesali di Jogja itu puanas banget sih, geraah! hahahaha.

Next, tahun 2012 ini gue harus balik lagi ke Jogja. Gue pengen ngelyat prosesi Waisak di Borobudur, dan pegen ke Gumuk Pasir sama Pantai Baron. Mudah-mudahan kesampean, amin πŸ˜€

*All photo is courtesy of @Akangdavz. Cek out his blog in jepretanlelaki.com πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s