Plane-a-roid

Beberapa hari lalu, saya baca artikel di Sydney Morning Herald tentang pesawat JetBlue yang terbang dari Las Vegas ke New York dan tiba-tiba hidroliknya rusak. Akibatnya, pesawat berisi 155 penumpang ini muter-muter gak karuan, terombang-ambing di langit selama lima jam. ini beritanya.

Kebayang gak? pesawat terbang muter-muter gak jelas, kelempar kiri-kanan…dari berita yang gue baca, itu penumpang di dalem udah bukan takut lagi, udh pada muntah-muntah saking itu pesawat terbangnya kaya metromini salip-salipan di jalan raya.

Sepotong berita itu truly a nightmare on the sky. Gue sendiri ya, sebenernya paling takut traveling by air. Meskipun menurut statistik tingkat keselamatan pesawat itu jauh lebih tinggi daripada transportasi darat dan laut, tp tetep aja..lu bayangin deh, kalo pesawat rusak di atas kan, kalo misalnya kenapa-kenapa kesempatan selamatnya kecil bgt. Wallahualam deh..

Saking parnonya saya sama perjalanan udara, setiap naik pesawat turbulence dikit, pasti saya langsung komat-kamit baca doa. Pernah waktu pulang dari Bali, pesawat yang saya naikin turbulence cukup kenceng di udara. Pilotnya juga berulang kali ngingetin untuk tetap pake seatbelt segala macem….tapi gue udh keburu panik. Asli deh itu, takut banget, rasanya pengen nangis pengen cepet-cepet turun..how silly.

Waktu itu juga pernah, pulang tugas dari Jogja mau ke Jakarta. Mendadak pilotnya bilang kalo cuaca lagi g bagus, so expect some turbulence. Menurut ngana?! Aduh beneran deh itu..awan gelap, pesawatnya goyang-goyang..dan saya gak tau mau pegang tangan siapa soalnya naik pesawat sendiri! Bener-bener pengen sujud sukur waktu selamat sampe di Jakarta.

Kata temen saya, klo takut naik pesawat, ya tidur aja selama perjalanan. Itu dia masalahnya…saya tuh kalo panik malah gak bisa tidur. Padahal keseringan saya naik pesawat itu pagi-pagi buta, dimana harusnya saya jadi terlelap di pesawat. Tapi gak pernah bisa. Mata saya mendadak terang dan udah deeh..klo ada goncangan dikit malah tambah gak bisa tidur.

Karena panikan dan takut naik pesawat, saya selalu patuhin semua peraturan pesawat. gak boleh idupin handphone, gak boleh lepasin seatbelt waktu take off dan landing. Makanya saya sebel banget, karena kalo berangkat sama temen-temen dari media lain pada cuek-cuek aja gitu bbm-an di pesawat! ihhh sumpaah deh itu bikin deg-degan. dan klo dikasih tau cuma pada nyengir-nyengir aja gitu. annoying ._.

Emang sih, sampe sekarang belum ada penelitian atau studi yang membuktikan kalo idupin ponsel pas penerbangan itu bisa mengganggu. Tapi kan udah dikasih tau pilotnya, nurut sebentar masa gak mau sih? Cuma dua jam ini gitu..ntar juga bakal idup lagi hpnya. makanya paling males banget klo harus duduk sebelahan sama orang yang dengan santainya ngidupin hp di pesawat.

Dari artikel-artikel yang saya baca, ternyata banyak banget hal-hal di pesawat yang kita belum tau. Kayak harus duduk tegak pas pesawat landing/take-off, itu mencegah cedera leher kalau tiba-tiba ada guncangan. Trus juga kenapa makanan pesawat rasanya hambar, itu katanya karena indra perasa kita ter-distract sama suara mesin pesawat, jadi rasanya gak sedap (selain mungkin emang gak niat aje kali tuh masaknya..hehehhe).

Biarpun takut naik pesawat, saya gak punya pilihan lain dong. Kalo mau traveling antar pulau, ya masa mau naik kapal atau mobil? ahahhahaha…dan sampe sekarang saya pengen banget ngerasain, sekaliiii aja duduk di seat first class suatu maskapai, yang ada tempat tidurnya, atau ada showernya kayak di Emirates 😀 (berharap ada sponsor yang baca..trus dibayarin ;)) )

By the way, pemandangan dari atas pesawat yang paling indah yang pernah saya lihat itu waktu take off dari Jakarta mau ke Jogja Desember lalu. Pesawat saya berangkat menjelang magrib, jadi pas take off itu matahari udah siap-siap mau terbenam. Pas udah naik, dari atas keliatan langit oren Jakarta, ditambah city light yang cantik banget! Apalagi pas sampe Jogja juga disambut kerlap-kerlip lampu kota yang meriah..sayang banget waktu itu kamera saya ditaro di bagasi, dan kamera hp gak bisa dipake krn hpnya dimatiin..huhu.

Last, pernah ada yang nanya ke saya, takut pesawat gini, gimana kalo someday harus dinas ke daerah-daerah yang mengharuskan pake pesawat baling-baling yang turbulencenya lebih parah. Well…saya bilang, sebelum take off saya mau minum ant*mo dua butir! biar tiduuur lelap sampe tujuan, gak berasa apa-apa 😀

First class emirates yang mewaaah banget

Leave a Reply

