Filosofi Gunung & Pantai

Ada dua pilihan wisata alam yang paling saya senangi: Pantai dan gunung. Dua-duanya sama-sama menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, dua-duanya bisa bikin hati tenang. Dan, kalau smart, dua-duanya bisa dicapai dengan harga yang murah.

Akhir-akhir ini, saya ke pantai terus. Bali, Tidung, Gili, dan terakhir ke Peucang. I just can’t get enough of snorkeling, sitting around in the sand..saya bener-bener cinta pantai! the vibe, the view..gak ada yang gak indah di pantai.

Buat saya, ke pantai itu auranya lebih aura having fun. Seneng-seneng, ketawa-ketawa. Gegirangan berenang sambil snorkeling. Maen aer.

Terutama di snorkelingnya sih. Saya suka banget snorkeling, dan pengen banget belajar diving. Rasanya girang banget kalo udah lompat dari kapal, trus berenang ketemu ikan-ikan lucu di bawah air. Kicking kesana-sini pake fin (atau tanpa fin..kalo lg males;p). Air laut yang dingin, meskipun kadang pedih kalo masuk ke mata bikin saya jadi betah.

Itu pantai. Kalo gunung? Well, saya sendiri baru sekali naik gunung. Tepatnya ke puncak Gunung Gede di Jawa Barat yang tingginya 2.958 meter diatas permukaan laut. Waktu itu saya pergi pas kuliah semester empat, kalo gak salah tahun 2009. Itu adalah pertama kalinya saya naik gunung, dan rada nekat juga sih ya. I mean, sebelumnya saya menganggap naik gunung adalah sesuatu yang tidak mungkin saya lakukan karena saya itu…penakut banget.

Serius, waktu diajak naik gunung pikiran saya cuma satu: saya takut ketemu yang mistis-mistis! Sebelum naik, saya malah googling yang aneh-aneh kaya, “misteri Gunung Gede” atau “Penampakan Gunung Gede”. Untungnya di internet saya gak ketemu yang aneh-aneh, cuma saya nemu info kalo di Gunung Gede itu banyak macan kumbang berkeliaran. duh ilaaah…sekarang gantian saya malah jadi parno ketemu macan.

Karena parno, saya malah jadi lupa hal yang sebenernya penting diperhatikan sebelum naik gunung: olahraga! padahal temen saya udah ngingetin untuk olahraga setidaknya sebulan sebelum berangkat, biar staminanya kuat, apalagi karena saya baru pertama kali naik gunung.

Akhirnya tiba waktu berangkat. Kita berangkat malam, dan selama perjalanan saya Alhamdulillah gak ngerasa parno, dan juga gak ngelyat yang aneh-aneh. Perjalanan kita juga santai (awalnya), meskipun akhirnya ngos-ngosan dan harusnya sampe di puncak cuma tujuh jam malah molor 12 jam hahahahahaha

Perjalanan naik gunung itu luar biasa capek. kita bahkan hampir nyerah waktu di tanjakan setan karena kedinginan dan kelelahan. sampe sekarang, temen gue berulang kali bilang “waktu di tanjakan setan, gue udah ngebayangin besok kita ada di headline koran: mahasiswa ditemukan tewas di Gunung Gede”. Alhamdulillah, kita sampe puncak dengan selamat, meski molor banget.

Dan ya, semua lelah itu terbayar. Lyat pemandangan dari puncak gunung gede itu bener-bener bikin terharu. Lampu kota di kejauhan, awan yang berarak bagai selimut..bener-bener luar biasa indah dan bikin inget sama Yang Diatas.

Berbeda dengan wisata ke pantai yang having fun, menurut saya traveling ke gunung itu adalah waktunya merenung dan menjadi diri yang sebenarnya. Believe it or not, ketika di gunung, kamu bakal menjadi diri kamu yang sebenarnya. Dalam setiap langkah kaki, setiap kejujuran terucap. 🙂

Mungkin itulah filosofinya naik gunung dan kejujuran hati ya…kalau dilihat dari perjalanannya, naik gunung itu susah dan melelahkan. Tapi mungkin that’s what it takes untuk bersikap jujur, terutama pada diri sendiri. Kejujuran yang sejati kadang harus dicapai dengan bersusah payah dulu 🙂

Sampai sekarang, saya belum pernah naik gunung lagi. Gunung Gede tahun 2009 itu adalah satu-satunya memori saya akan keindahan gunung dan kejujurannya yang paling saya ingat, dan paling berkesan. Saya pengen banget, naik gunung lagi. Saya pengen banget, jujur lagi pada diri sendiri.

Puncak Gede 2009

Bali 2010

 

Leave a Reply

