The Tourisity Singapore

Saya pernah baca salah seorang traveler kondang bilang, “bedanya turis dengan traveler adalah turis pergi ke tempat-tempat wisata hot spot, sedangkan traveler beyond it, mereka pergi ke tempat-tempat yang gak dikunjungi turis,”.

Jujur saya gak sependapat dengan kata-kata tersebut. Buat saya, dari asal katanya aja, “travel” berarti berpergian atau melakukan perjalanan. Jadi traveler ya, orang yang melakukan perjalanan. Kemanapun itu.

Ada juga yang suka bilang, kelilingin aja dulu Indonesia, nggak usah bangga udah ke luar negeri. Sekali lagi menurut saya, yang namanya traveling itu no boundaries. mau kemanapun kaki melangkah, ya namanya tetap traveling. πŸ˜‰

—————

Anyway, tulisan pembuka saya di atas ini sebenarnya mau mulai menceritakan perjalanan tugas saya beberapa hari lalu, ke tempat yang turis banget: Singapura. Ya, akhirnya saya dapet tugas ke luar negeri, dan di itenerary, tempat-tempat yang saya kunjungi adalah benar-benar tempat wisata. The tourisity Singapore.

Ini bukan kali pertama saya ke Singapura. Saya punya tante yang menikah dengan orang Singapura dan beberapa kali saya mengunjunginya bersama ibu saya. Tapi selalu, tempat yang saya kunjungi ya itu-itu saja. Tampines, Orchard Road, Raffles Place, Expo, China Town. Akhirnya di kepala saya tumbuh pikiran, Singapura ya itu-itu saja. Tempat belanja yang membosankan. Another big city.

Dan di perjalanan kali ini, pandangan saya berubah.

Saya agak bingung dan takut kepanjangan kalau menceritakan semuanya tanpa jeda. Jadi lebih enak kalau saya rangkum aja dalam beberapa pointers kali ya πŸ˜€

Singapore Zoo

Singapore Zoo ini adalah salah satu tempat wisata tertua di Singapura. Yang kenal saya, pasti tahu banget gimana sukanya saya sama hewan-hewan, jadi tempat ini adalah tempat yang paling saya tunggu-tunggu ketika ngelyat di itenerary perjalanan kerja. Dan ternyata, it really is beyond my expectation.

singapore zoo, bersih dan rapi

singapore zoo, bersih dan rapi

Singapore Zoo itu bener-bener luas, and there’s no cage, except for carnivores and reptiles. Baru masuk saya udah disambut monyet tamarin mungil yang lompat-lompatan di atas pohon. Bener-bener pemandangan yang nggak biasa buat saya, yang biasanya cuma bisa lihat hewan liar di balik kaca mobil di taman safari atau di ragunan.

Singapore Zoo kedatangan tamu baru, sepasang panda bernama Kai Kai dan Jia Jia. Sejak masuk gerbang kebun binatang, saya udah deg-degan mau ketemu dua hewan mungil ini. Maklum, seumur hidup saya cuma bisa lihat panda dari youtube saja. Sayangnya, waktu kita dateng pandanya tidur. Yahh…but they’re still cute to look at! big and chubby and cute.

red panda

red panda

sleeping Jia Jia, the panda

sleeping Jia Jia, the panda

Cable Car at Mount Faber

Kalau naik cable car, saya udah pernah beberapa tahun lalu sama keluarga. Bedanya, saya naik Cable Car dari Harbour Front menuju Sentosa, dan ya, cuma itu aja. Nothing spesial.

View from Mt Faber

View from Mt Faber

Beda dengan kemaren waktu saya kesana. Kita naik dari Mount Faber, salah satu titik tertinggi di Singapura. Dari terminal cable car di Mount Faber ini, pemandangannya indah banget! Kelyatan Pulau Sentosa dari kejauhan, dan megahnya Singapura yang masih diselingi pepohonan diantara gedung tinggi.

the cable car ride

the cable car ride

Zoukout 2012

Salah satu agenda saya di Singapur adalah meliput Zoukout 2012, gelaran party terbesar di Asia Tenggara yang rutin diadain setiap tahun. Kalau kata temen saya, ke Zoukout itu ibaratnya umroh untuk para pencinta dugem, nah “haji”nya itu ke Ibiza.

zouk out 11.00 pm. Masih belum ramai

zouk out 11.00 pm. Masih belum ramai

Saya ke Zoukout hari kedua, 8 Desember 2012. Di hari ini DJ Calvin Harris dan Paul Van Dyk tampil, jadi bener-bener super rame! Saya ngelyat crowd yang meriah, booze everywhere, dan bener-bener seperti ada di suatu tempat yang belum pernah saya datengin sebelumnya. Jujur, saya penasaran pengen ikut Zoukout tahun depan gara-gara kemaren ini πŸ˜‰

_MG_0461 _MG_0454S.E.A Aquarium

Singapura baru buka S.E.A Aquarium, akuarium terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 100.000 hewan laut dari 800 spesies. Sama seperti kebun binatang, saya super excited sama atraksi wisata satu ini. Di Jakarta aja saya prefer ke Seaworld berulang kali daripada Dufan πŸ˜€

open ocean aquarium. Super gede!

open ocean aquarium. Super gede!

Ketika setengah jalan di dalam akuarium ini, saya langsung bilang, this is the best place I’ve ever visited in Singapore! Keren banget! Tempat paling keren saya lihat adalah satu alley yang isinya ubur-ubur semua. And not just jellyfish, its a bio luminescent jellyfish! Ubur-ubur yang bisa nyala kaya di film Life of Pi and I’ve seen it very close! Subhanallah..bener-bener luar biasa ciptaan Tuhan.. :’)

the bio luminescent jellyfish

the bio luminescent jellyfish

Ultimate Drive

Selepas dari S.E.A Aquarium, kita ke Ultimate Drive di Marina Bay Sands. Saya kira ini apaan ya..ternyata Ultimate Drive menjual experience untuk driving a supercar. Maksudnya, disini lo bisa nyewa ferrari atau lamborghini, dibawa keliling sirkuit F1! Keren banget nggak sih?

ferrary by ultimate drive

ferrary by ultimate drive

lamborghini by ultimate drive

lamborghini by ultimate drive

Yang bikin saya seneng, we, the media got the trial for free! We can drive the car for 15 mins, yang biasanya orang untuk nyewa mobil ini selama 15 menit harus bayar hampir Rp3 juta. What an astonishing experience πŸ˜€

for free! wohoo!

for free! wohoo!

Jersey Boys

Ini yang paling saya suka, sampai sekarang saya nggak bisa move on. Abis Ultimate Drive, kita langsung ke Marina Bay Sands Theatre untuk nonton Jersey Boys, pertunjukan musikal setaraf broadway yang menceritakan tentang band populer tahun 60an, Frankie Valli and the Four Seasons.

the jersey boys cast.

the jersey boys cast.

Awalnya sih saya ngerasa biasa aja. Saya nggak tahu Frankie Valli, nggak tahu juga lagu-lagunya. Tapi lagi-lagi Singapura mengejutkan saya. Jersey Boys was awesome! lagu-lagunya saya nggak kenal, tapi bisa saya nikmatin. Performer castnya juga keren, dan bikin berdecak kagum. Dan saya bangga banget pernah interview mereka langsung! Sampe sekarang tiap pagi di kantor, saya masih suka buka youtube dan cari preview performance mereka.Β  Pengen nonton lagi.. :’)

Gardens by the Bay

Ini juga wisata baru di Singapura. Saya udah sering nulis tentang Gardens by the Bay, dan saya kira ya just another taman. Ternyata nggak sodara-sodara..

_MG_0618

flower dome

flower dome

Gardens by the bay itu, bayangkan aja kebun raya bogor yang ditutupin dome, dan berAC! Udara di dalamnya bener-bener seger, padahal indoor. Karena waktu sempit, saya cuma sempet ke Flower Dome dan Cloud Forest. Di Cloud Forest, saya ngelyat air terjun buatan yang tinggi banget! Dahsyat emang Singapura. Di Gardens by The Bay ini cocok banget buat yang suka foto-foto, karena banyak spot foto yang oke. A must see!

the fall

the fall

cloud forest

cloud forest

_MG_0622

———-

So that was it. Perjalanan empat hari saya yang menyenangkan di Singapura. So far, ini adalah perjalanan tugas yang paling berkesan dan menyenangkan. Ohya, ditambah lagi, saya dapet temen-temen baru yang asik. Martin dari Area Magz, Keshie dari Jakarta Post, Vina dari Kover, Sahiri dari Cosmopolitan dan Rio dari detik. Ditambah lagi, guide kita Pak Hamim yang baik hati dan menyenangkan. It really is, an unforgettable tourisity Singapore.

So at least, kata saya, jangan menutup diri dengan hal-hal yang mainstream, atau terlalu turis banget. You never know kan, kalau ternyata tempat-tempat ini bisa membuat lo terkesan? πŸ˜‰

2 thoughts on “The Tourisity Singapore

Leave a Reply

