Tentang 5cm dan Yang Lainnya

Tadi malam saya nonton film Indonesia terbaru, 5cm. Karena sudah baca novelnya, film ini termasuk film yang saya tunggu-tunggu rilisnya tahun ini. Ternyata…

Filmnya, to be honest, biasa aja. Akting pemain-pemainnya kurang natural, dengan dialog yang dipaksakan. Chemistry “persahabatan” yang harusnya ada diantara lima pemain utama ini nggak dapet sama sekali. Satu-satunya yang bikin saya seneng sama film ini adalah pemandangan Ranu Kumbolo dan Mahameru yang keren banget, sama…Herjunot Ali 😀

Setelah film ini beredar, banyak yang khawatir nantinya akan semakin ramai yang datang ke Mahameru. Nanti jadi kotor, karena kabarnya waktu syuting film ini saja sudah mengotori alam Ranu Kumbolo dan sekitarnya.

Buat saya sih, ya bagus aja kalau jadi banyak yang interest. Tentunya interest juga harus dibarengi dengan kepedulian, supaya keindahannya tetap terjaga. Normatif sih memang..tapi bukan begitu adanya?

Kali ini saya bukan mau nulis tentang kepedulian lingkungan atau indahnya Ranu Kumbolo dan sebagainya. Setelah nonton 5cm tadi malam, saya jadi nyadar, minat khusus saya untuk jalan-jalan kemana. Maunya apa.

Saya selalu mengira (dan selalu mengaku) ke orang-orang kalau saya tipe traveler yang suka jalan lihat keindahan alam. Yang kenal saya, pasti tahu gimana girangnya saya lihat laut, atau hebohnya saya lagi snorkeling. Tadi malam waktu nonton 5cm, Saya juga terpesona banget sama Ranu Kumbolo dan puncak Mahameru. Tapi anehnya, hati kecil saya bilang: that’s not exactly what you want.

Saya pernah bilang, traveling itu no boundaries, nggak ada batasan. Tapi tentu juga nggak salah kan kalau punya interest tertentu? Dan tadi malam, saya nyadar kalau interest saya itu..traveling ke kota-kota besar.

Seperti waktu di Singapura. Saya menikmati benar waktu-waktu selama saya mengelilingi kota kecil itu. Berjalan sendiri diantara kerumunan orang di Orchard, menunggu kereta di Stasiun MRT. Menatap lampu-lampu meriah di Clarke Quay. I’m at my happiest when I’m in the big city.

Dan hal ini juga saya rasakan waktu saya berada di kota-kota lain, seperti Jakarta. Seperti yang pernah saya bilang di post ini, saya sampai sekarang masih selalu dikejutkan dengan Jakarta. Kemarin, saya baru menemukan jalan pintas dari Kuningan ke Ambassador, dan lagi-lagi, saya kegirangan sendiri. I think my heart really fall for the cities.

Alam memang indah. Tapi laut, gunung, pantai, semuanya buat saya hanya akan nikmat bila ada yang menemani kita untuk menikmatinya. Beberapa waktu lalu saya ke Krakatau, dan jujur, saya nggak bisa menikmati pemandangan gunung di tengah laut yang seharusnya terlihat sangat megah tersebut karena saya nggak pergi sama teman-teman atau at least, orang yang saya nyaman untuk pergi. Nggak ada orang yang bisa diajak berbagi keindahan pemandangan itu.

Beda dengan kota besar. Di Singapura, saya enjoy aja jalan kemana-mana sendiri. Begitu pula di Jakarta. Its like, you’re alone but you’re not really alone. Banyak tempat untuk menyendiri tanpa merasa sepi. Ya gimana bisa sepi, saya bisa bebas duduk lama di McD Sarinah, nikmatin macetnya sudirman tanpa merasa bosan. That’s what I feel, and loved about big city 🙂

Makanya saya pengen banget bisa ke New York, Tokyo atau Seoul. Tahun depan Insyaallah saya ke Saigon (sendiri) dan mudah-mudahan akan dapat apa yang saya inginkan seperti yang udah ditulis tadi. 😀

Kita gak akan selalu punya orang untuk menemani kita dalam hidup ini, dan mungkin itu filosofi saya kenapa bisa cinta banget traveling ke kota besar. Nggak selamanya akan ada teman, keluarga atau saudara karena in the end, yang kita punya hanyalah diri sendiri.

christmas light in Orchard Road

christmas light in Orchard Road

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s