Tidur Gratis di Jogja? Bisa!

Saya mau cerita soal Yogyakarta nih. Kota yang to be honest sebenernya nggak pernah bikin saya antusias-antusias amat untuk mengunjunginya, tapi terakhir saya kesana, dapet pengalaman yang cukup seru 😀

Jadi sebenernya ini udah cerita lama. Akhir Mei lalu, saya ke Jogja untuk lihat perayaan Waisak di Borobudur tanggal 25 Mei 2013. Saya berangkat dari Jakarta tanggal 24, berdua sama temen kantor saya, Gita.

Kita berdua berangkat pagiii banget, karena udah keabisan kereta. Out of luck, kita dapetnya tiket kereta bisnis Fajar Utama. yang mana kereta ini nggak ada acnya. dan nggak ada colokan. (first world problem: nggak ada colokan! how am I supposed to charge my gadgets? :)) )

Saat masuk kereta, satu gerbong itu isinya hipster-hipster Jakarta semua, yang kayanya punya tujuan sama: lyat Waisak di Borobudur. Yaa, lumayan seru sih..setidaknya ada banyak dedek-dedek unyu buat dilihat sepanjang perjalanan :p

Setelah 8 jam perjalanan yang sweaty dan punggung-pegel-akibat-no-reclining-seat, akhirnya saya dan Gita sampai di Jogja. Ceritanyaaa, perjalanan kita ini bener-bener low budget banget. Jadi selama 8 jam di kereta kita sama sekali nggak beli makanan, demiiii menghemat! (Now i realize this was a stupid decision).

Sampai di Stasiun Tugu, Yogyakarta, kita berdua langsung jalan ke arah Malioboro….tepatnya ke KFC. Yes, dearest reader, di saat lapar karena 8 jam nggak makan itu ya paling tepat kalau diisi junkfood :))

Singkat cerita: makan-ketemu temen2-taro barang2 di hotel-balik lagi ke Malioboro. Saya dan Gita pun spending the night sama temen-temen lain jalan-jalan di Malioboro, jajan-jajan ngemil-ngemil asik.

Besoknya, ke Borobudur. Saya udah capek cerita soal Waisak di Borobudur, kalau pengen tahu baca di sini aja ya:

Anyway, saya dan Gita menginap di Puspita Hotel di Yogyakarta. Sayangnya, hotel ini penuh selama weekend, jadi saya hanya bisa menginap di sana pada hari Jumat saja. Berarti, selepas acara Waisak di Borobudur, We’ve nowhere to stay.

Saya dan teman-teman udah puter-puter di sekitar Malioboro nyari penginapan kosong, ternyata penuh semua buat weekend. Saya sih nggak masalah, karena saya pulang sendiri di hari Minggu pagi, jadi paling butuh tempat to crash for a night aja.

“Yaudahlah, kita kan balik dari Borobudur malem tuh, kita ke McD/KFC aja sampe pagi!,” kata saya waktu itu.

Temen-temen saya pun setuju. Selepas acara Waisak, baru pukul 01.00 kita sampai di Malioboro lagi dan langsung menuju KFC.

Ternyata waktu itu KFC lagi penuh banget, karena pas ada pertandingan liga Champion (CMIIW). Untungnya, kita dapet tempat duduk.

Tapiii…tetep aja nggak bisa tidur. Suara supporter bola sahut-sahutan, bikin kita nggak bisa istirahat. Akhirnya pas pukul 03.00, acara bola selesai, penonton bubar, kita siap tidur.

Dan ternyata…..banyak banget yang tidur di KFC! Rata-rata pada bawa tas dan bagasi, kayaknya emang ngejer flight/kereta pagi semua. Malam itu, KFC jadi hotel dadakan :))

Tidur kami cukup nyenyak ,meskipun cuma bisa tidur dengan posisi terduduk sambil kepala menelungkup ke meja. Paginya, saya terbangun karena suara si mas-mas KFC.

“Buseettt, ini pada minum obat tidur apa ya?”

Tiduurrr broooo

Saya kaget, kebangun dan ngelihat staff KFC semua pada ngelihatin. Akhirnya biar nggak disangka numpang tidur gratis, saya langsung pesen sarapan :))

Temen-temen saya satu persatu pun mulai bangun. Pas pula pada saat itu di jalan Malioboro ada senam pagi gratis. Lanjutlah kita habis sarapan, ikut senam pagi.

Senam pagi depan Malioboro :D

Senam pagi depan Malioboro 😀

Pukul 06.30, saya pun beberes dan jalan kaki ke Stasiun Tugu untuk pulang ke Jakarta. sendiri. Mutya survived the business train, alone! yay! #girangyangberlebih

I’ve been to Jogja three times. Pertama kali sama temen-temen kuliah, yang kedua liputan, dan yang ketiga ini, ala ala backpackeran. Saya jadi yakin, suatu tempat nggak masalah didatangi berulang kali, karena pengalaman yang didapat juga pasti beda 😀