Sudah Kemana Saja?

Kalau bertemu rekan-rekan seprofesi, ada pertanyaan yang (biasanya) selalu muncul:

“Habis liputan kemana saja akhir-akhir ini?”

Biasanya saya cuma menjawab dengan senyuman saja. Atau tertawa. Saya sebenarnya sedang menghindari pertanyaan semacam ini: karena saya, seorang jurnalis travel, sudah berbulan-bulan tidak pergi kemana-mana.

Nggak usah dibahaslah kenapa saya yang biasanya dapat liputan keluar kota tiap sebulan sekali, tahun ini jadi gersang sekali. Apalagi di kantor lama (sudah enam bulan ini saya menempati kantor baru dengan posisi sama). Mungkin memang belum rejekinya.

Tapi gak terhindarkan, saya iri sama teman-teman seprofesi. Ada yang baru pulang dari liputan luar negeri, langsung lanjut ke Indonesia Timur. Ada yang dua minggu sekali ikut maskapai. Ada yang tahun ini sudah tiga kali ke luar negeri. Impian saya ke Raja Ampat tahun ini juga sepertinya harus pupus.

Sedih sekali? Iya pasti. Esensi dari pekerjaan saya adalah traveling. Kalau nggak jalan, ya nggak dapat berita. Tapi lama kelamaan bosan juga mengeluhkan hal sama…dan saya menyadari satu hal. Traveling ya bukan berarti harus jauh. It literally means ‘go’..so here I go.

Akhirnya saya inisiatif jalan-jalan sendiri. Ke Pelabuhan Ratu, ke Lembang, ke Bandung. Bahkan saya gak bosan-bosannya keliling Jakarta naik bus wisata (dan menemukan tempat-tempat yang belum pernah saya ketahui sebelumnya). Rasanya semua keresahan terjawab.

Jadi ya itu. Sebenarnya semua yang kita inginkan sudah di depan mata. Nggak perlu fancy, nggak perlu jauh. Cukup niat yang tulus dan kebesaran hati sudah cukup πŸ™‚

Btw, saat menulis ini sebenarnya saya baru pulang tugas dari Semarang. Kota yang mirip dengan Jakarta, dan liputan yang menyenangkan karena berbeda dari liputan sebelumnya πŸ˜€

Jalan-jalan keliling kota paling random sama Galuh :D

Jalan-jalan keliling kota paling random sama Galuh πŸ˜€

Leave a Reply

